Manfaat Anjak Piutang

Sabtu, 18 Mei 2013

MANFAAT ANJAK PIUTANG

Manfaat anjak piutang bagi klien yaitu :
  1. Membantu administrasi penjualan dan penagihan ( sales ledgering and collection services ). Perusahaan anjak piutang memperoleh fee atau komisi sebesar persentase tertentu dari jumlah piutang yang dianjakpiutangkan atas jasa-jasa administrasi yang diberikan sebagai bagian dari perjanjian anjak piutang. Jasa-jasa tersebut meliputi administrasi piutang yang dianjakpiutangkan dan membantu penagihannya. Dengan mengalihkan tugas pembukuan kepada perusahaan anjak piutang akan timbul beban biaya atas klien.
  2. Membantu beban risiko ( credit inscrrance ). Kadang-kadang klien membatasi penjualannya hanya kepada nasabah lama saja karena alasan risiko kredit. Sehingga kemungkinan mereka menolak menjual kredit kepada nasabah baru. Hal tersebut berarti sebuah kerugian, bukan saja semata-mata rugi materi yaitu akibat batalnya memperoleh keuntungan yang sudah didepan mata tetapi juga rugi secara immaterial dalam hal goodwill. Sekiranya risiko dapat dibagi dengan perusahaan anjak piutang berarti akan meningkatkan keuntungan karena pesanan barang dari nasabah baru tidak perlu lagi ditolak.
  3. Memperbaiki sistem penagihan. Apabila suatu perusahaan anjak piutang membeli suatu tagihan, tentu perusahaan tersebut mengharapkan untuk dibayar pada saat jatuh temponya.hal tersebut berarti perusahaan anjak piutang akan memantau pembayarannya dan memberitahukan kepada klien tagihan-tagihan yang telah jatuh tempo. klien biasanya melakukan revisi posisi tagihan yang dianjakpiutangkan. Dalam melakukan penagihan, perusahaan anjak piutang sebisa mungkin tidak memperburuk hubungan antara kliennya dengan nasabah atau customer.
  4. Membantu memperlancar modal kerja. Dengan anjak piutang, setiap penjualan tunai dan ini berarti terlepas dari masalah kredit. Disamping itu,klien dapat menawarkan penjualan kredit untuk jangka waktu yang sedikit lebih panjang untuk menarik lebih banyak nasabah. hal tersebut akan lebih kompetitif karena klien akan dapat meningkatkan pangsa pasarnya.
  5. Meningkatkan kepercayaan. Karena arus dana bukan lagi suatu masalah maka setiap tagihan dapat dibayar tepat waktu yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan pihak klien. Reputasi yang baik akan mengakibatkan mudahnya melakukan pembelian misalnya barang-barang mentah secara kredit dengan harga yang lebih baik. Sedangkan dalam hal penjualan tunai klien dapat memberikan diskon yang lebih menarik. 
  6. Kesempatan untuk mengembangkan usaha.Manfaat lain yang menarik adalah kesempatan untuk berkembang khususnya bagi usaha kecil. Sekiranya ada permintaan atas produk atau jasa-jasa dan apabila mereka menjual kepada nasabah besar dengan reputasi baik.

0 komentar:

Posting Komentar